Selasa, 21 April 2020

Pengenalan Mobile Programming


1.1       Mobile Programming
Perkembangan yang mendorong semakin canggihnya perangkat mobile, membuat bermunculannya software-software baru yang tidak kalah canggihnya juga untuk memaksimalkan kinerja perangkat mobile.

Perangkat mobile adalah  perangkat yang bergerak, misal: handphone/ponsel atau laptop yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan, salah satu merk ternama di dunia seperti  IPhone dari apple adalah satu dari banyak perangkat mobile yang ikut berperan dalam perkembangan perangkat mobile selain itu IPhone OS tersendiri yaitu iOS untuk memaksimalkan kinerjanya hal inilah yang mendorong perkembangan mobile programming untuk menyaingi IOS.

Mobile Programming adalah pemrograman yang digunakan untuk perangkat mobile.

Sedikit sejarah mengenai mobile programming, program game snake pada Mobile Phone Nokia sekitar pertegahan tahun 1990-an. Game ini tampilannya hanya berbentuk sebuah field  yang  terdapat seekor  ular berbentuk kotak memanjang dan kita harus mengejar target untuk mendapat point, sangat sederhana. Tapi ini merupakan suatu milestone tersendiri bagi sejarah Mobile Phone. Game snake adalah aplikasi pertama yang ada pada sebuah Mobile Phone diluar dari fungsi utamanya sebagai alat berkomunikasi. Penciptaan game ini mengilhami produsen-produsen Mobile Phone untuk membuat berbagai aplikasi pendukung. Terciptalah berbagai fungsi lain pada Mobile Phone, dari yang sederhana seperti kalkulator, alarm, kalender, stopwatch, converter, notes, to-do list, dan lain-lian. Sampai pada aplikasi yang lebih kompleks seperti GPS, wifi, kamera recorder, aplikasi multimedia, dan lain-lian. Kemudian didukung lagi oleh konektivitas nirkabel seperti IrDa dan Bluetooh.  Kemudian  diluncurkannya sistem operasi Symbian, yang membuat kitabebas untuk mengembangkan aplikasi sendiri dengan bahasa Java atau Phyton. Sangat cepat perkembangan Mobile Phone ini, dari pertama kali hanya berfungsi sebagai alat telekomunikasi, sekarang menjadi sebuah gadget yang multifungsi. Tidak dapat dipungkiri pada masa mendatang sebuah Mobile Phone dapat menjadi gadget dengan berbagai macam fungsi, sehingga dapat menjadi gadget tunggal untuk manusia.
Adapun beberapa bahasa yang digunakan untuk pemrograman perangkat mobile di antaranya:
      J2ME
      C++ dalam symbian framework
      Flash Lite
      Objective C (mirip C, tapi struktur bahasa program), ini untuk IPhone dan hanya bisa di-develop via OS Macintosh
      C++ dalam BREW framework (untuk HP CDMA)
      C# .NET (untuk HP dgn OS Windows Mobile)
      Javafx mobile (masih sedikit yang support, kemungkinan saat hanya di HP Android)
      PHP

Software yang diperlukan:
      Paket Apache + MySQL + PHP: xampp, appserver, phptriad, wamp, dan lain-lian
      Web Browser (IE, Mozilla Firefox, atau yang lainnnya): Untuk mengecek server dari laptop/komputer.
      Emulator WAP: Browser berbentuk handphone yang digunakan untuk mencoba program wap yang kita buat.
      Editor: Editplus, Notepad++, Macromedia Dreamweaver atau yang lainnya.

Pemrograman untuk mobile device mempunyai aturan tersendiri. Pemrograman dalam J2ME (Java 2 Micro Edition) sudah popular dalam hal pemrograman untuk peralatan dalam ukuran kecil. Ada pula BREW (Binary Runtime Environment for Wireless) yang dibuat oleh Qualcomm untuk mobile phones. Awalnya BREW dikembangkan untuk CDMA, dapat mengunduh (men-download) dan dapat menjalankan program- program kecil untuk memainkan games, mengirim sms, foto dan lain-lain.

Keterbatasan yang sangat umum dalam bahasa pemrograman untuk peralatan mobile adalah kendala dalam segala hal sumber daya, seperti ukuran layar, memori, CPU, penyimpanan dan cara meng-input data. Perbedaan tampilan juga disebabkan adanya perbedaan hardware dan API yang digunakan.

Satu lagi bahasa pemrograman yang sesuai digunakan dalam OS symbian yaitu python. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif Salah satu fitur yang tersedia pada python adalah sebagai bahasa pemrograman dinamis yang dilengkapi dengan manajemen memori otomatis. Seperti halnya pada bahasa pemrograman dinamis lainnya, python umumnya digunakan sebagai bahasa skrip meski pada prakteknya penggunaan bahasa ini lebih luas mencakup konteks pemanfaatan yang umumnya tidak dilakunkan dengan menggunakan bahasa skrip Python dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Dengan semua bahasa pemrograman inilah sehingga banyak terlahir software-software yang luar biasa dan memberi manfaat besar bagi banyak orang.



Sumber : ariessaifudin.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar